Monday, November 11, 2013

Memilih Warna Yang Cocok Untuk Grafik




Kali ini saya akan memberi tips bagaimana memilih warna untuk grafik. Setiap grafik pasti memiliki tujuan-tujuan tertentu. Misi-misi inilah akhirnya yang menentukan bagaimana tampilan dari sebuah grafik. Grafik digunakan aplikasi akan berbeda dengan grafik aplikasi yang lainnya inilah tipsnya:

  • Grafik yang berkarakter elegan. Secara simpel, elegan dapat diartikan sederhana, nyaman dilihat, mudah dibaca, serta sopan. Grafik elegan seperti ini bisa memberi kesan 'melayani' dan 'menghargai' siapa saja yang memakainya. 
  • Tidak Menggunakan Lebih dari 3 Warna. Apabila memiliki terlalu banyak warna akan membuat user kehilangan fokusnya. Lalu warna utama apa yang harus dipilih? pilihlah warna-warna yang menyiratkan kesan 'harmonis' dan 'tenang' seperti hijau, biru, dan putih. Kombinasi pergerakan spektrum warna dari biru-biru muda-putih adalah yang paling populer. Akan lebih baik jika di diskusikan dengan graphic designer
  • Kombinasi Warna Yang Baik. ini hanya tips kecil untuk membuat grafik elegan bagi pemula ialah menggunakan warna-warna yang senada dan senyawa. Seperti Merah-oranye-kuning; atau ungu-merah-biru. Kombinasi yang baik juga bisa dicapai dengan spektrum warna gelap-terang, seperti pink muda-pink-merah, ice blue-biru muda-biru tua, dan hijau mint-hijau daun-hijau tua
Memang, untuk menjadi grafik yang baik, seseorang harus 'sedikit melupakan' warna kesukaannya. Hal ini berguna untuk mencapai hasil desain yang lebih maksimal dan elegan. Harus diakui pula bahwa grafik yang memiliki banyak warna terlihat lebih murah dan kehilangan unsur 'confidence'-nya. 

Referensi:
http://jayaweb.com/artikel/desain-web/98-tips-warna-agar-website-terlihat-elegan.html

No comments:

Post a Comment