Monday, November 11, 2013

Kaitan Font dengan GUI


Holla saya akan membahas kaitan Font dengan GUI, mari kita cari tahu tentang GUI terlebih dahulu karena Font sudah dibahas pada post sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu GUI-nya. Mari kita bahas dibawah ini.


GUI) adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metodainteraksi pada piranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer. GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, piranti bergerak seperti pemutar MP3, pemutar media portabel atau piranti permainan, peralatan rumah tangga, dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis. saya akan mengambil contoh pada web




Syarat-syarat agar GUI pada web lebih menarik:
  • Pemilihan Font yang simpel. Jika kalian memilih Font yang simpel tentu GUI akan menjadi lebih menarik dilihat kalian bisa ambil contoh google.com yang hanya membuat tulisan google dan kita tak pernah bosan membuka website tersebut
  • Desain yang menarik. Apabila desain tersebut bagus maka akan banyak masyarakat membuka nya kalian bisa ambil contoh Twitter di dalam smartphone Android/IOS karena desain nya simple semua orang memakainya.
  • Jangan Terlalu Banyak Ad/Banner. Kita boleh saja menggunakan ad/banner tapi lihat dahulu kadar ad/banner nya apabila terlalu berlebih kurangkan lah agar yang membuka web tersebut tidak jenuh dengan hanya melihat ad/banner tanpa melihat konten dalam web tersebut.
  • Pemilihan Warna yang tepat. Apabila warna font/desain dalam web tersebut tepat maka akan ada banyak user memakainya
Font sangat berkaitan dengan GUI karena apabila tidak ada Font kita tidak dapat mengetahui apa isi dari content GUI tersebut. Kalau hanya menggunakan gambar saja kita tidak akan tahu apa isi dari GUI tersebut.

Referensi:
http://ikapuchhino.blogspot.com/2013/11/apa-kaitannya-sebuah-font-dengan-gui.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna_grafis
http://djuneardy.blogspot.com/2013/11/kaitan-sebuah-font-dengan-grafik.html

No comments:

Post a Comment