Thursday, April 16, 2015

Quantum Computing

 A.    Pendahuluan Quantum Computing
Quantum Computation adalah bidang studi yang difokuskan pada teknologi komputer berkembang berdasarkan prinsip-prinsip teori kuantum , yang menjelaskan sifat dan perilaku energi dan materi pada kuantum (atom dan subatom) tingkat. 
Sedangkan Quantum Computer atau yang dikenal sebagai Quantum Supercomputer adalah sistem komputasi yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum untuk melakukan operasi data. Dalam komputasi klasik, jumlah data dihitung dengan bit, dalam komputer kuantum, hal ini dilakukan dengan qubit atau quantum bit.
Prinsip dasar komputer kuantum adalah bahwa sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk mewakili data dan struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat digunakan untuk melakukan operasi dengan data ini. Dalam hal ini untuk mengembangkan komputer dengan sistem kuantum diperlukan suatu logika baru yang sesuai dengan prinsip kuantum.

     B.    Entaglement
Definis quantum computation dan quantum  computer telah sudah dijelaskan dan sekarang kita akan membahas Entanglement. Entanglement sendiri masih bagian dari Quantum Computation. Entanglement adalah suatu teori mekanika quantum yang menggambarkan seberapa cepat dan betapa kuatnya keterhubungan partikel-partikel pada Quantum computer yang dimana jika suatu partikel diperlakukan "A" maka akan memberikan dampak "A" juga ke partikel lainnya.

     C.    Pengoperasian data Qubit
Kita akan membahas tentang bagaimana pengoperasian qubit kita cari tau dulu apa itu bit. Bit atau binary digit, merupakan ukuran terkecil data dalam sebuah komputer, yang hanya terdiri dari 1 atau 0, nyala atau mati, benar atau salah, tidak ada selain dari dua kemungkinan itu. Tapi qubit, atau quantum bit, bisa memiliki tiga kemungkinan, 1, 0, atau superposisi dari 1 dan 0. Iya, tidak, dan “mungkin”. Qubit menggunakan mekanika kuantum ( hukum fisika yang berlaku hanya untuk partikel yang sangat kecil seperti atom ) untuk mengkodekan informasi baik sebagai 1 dan 0 pada saat yang sama.
         Apa itu mekanika kuantum? Mekanika kuantum yaitu sebuah cabang dasar fisika yang menggantikan mekanika klasik pada tataran atom dan subatom yang berupa superposition, entanglement, multi-verse dan tunneling.


     D.    Quantum Gates
Gate sendiri dalam bahasa Indonesia adalah Gerbang.jadi Quantum Gates adalah sebuah gerbang kuantum yang dimana berfungsi mengoperasikan bit yang terdiri dari 0 dan 1 menjadi qubits. dengan demikian Quantum gates mempercepat banyaknya perhitungan bit pada waktu bersamaan

     E.    Algoritma Shor
Algoritma shor adalah sebuah teori dimana komputer kuantum dapat memecahkan sebuah kode rahasia yang saat ini secara umum digunakan untuk mengamankan pengiriman data. Kode ini disebut kode RSA. Algoritma shor sendiri diambil dari nama penumunya yaitu Peter Shor pada tahun 1995. Berkat Peter Shor, teori Algoritma ini jika sebuah pengirimian data melalui kode RSA, data yang dikirimkan akan aman karena kode RSA tidak dapat dipecahkan dalam waktu yang singkat dan membutuh kan lebih banyak komputer yang terhubung secara paralel dan itu membutuh kan waktu yang tidak sebentar

Referensi:
https://docs.google.com/presentation/d/1o4aLKJ6sBJ33ioQvAGnKel4HzQLy1BXHj-MxOKqZNUw/edit#slide=id.g29d5ab2ac_078
http://abdanniputri.blogspot.com/2013/04/pengantar-quantum-computation.html
http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1227938582 
http://ery-prima.blogspot.com/2012/05/komputasi-kuantum.html
http://rcaesario.blogspot.com/2013/04/pengantar-quantum-computation.html 



No comments:

Post a Comment