A. Pengertian Bisnis
Bisnis berasal dari kata business yang artinya
sibuk. Sibuk disini diartikan menjadi sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan
yang mendapatkan keuntungan. Dan dalam arti luas bisnis adalah:
·
Bisnis
adalah sebuah aktivitas dan intuisi yang memproduksi barang dan jasa dalam
kehidupan sehari-hari
·
Sebagai
suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan
masyarakat
Dari
pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan
oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui
penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh
keuntungan melalui transaksi.
B. Fungsi Bisnis
Fungsi
bisnis dapat dilihat dari kepentingan mikro dan makro bisnis yaitu seperti
berikut:
1.
Fungsi Mikro Bisnis
Kontribusi
terhadap pihak yang terlibat secara langsung
·
Pekerja/Karyawan
Karyawan menginginkan gaji yang layak dari hasil
kerjanya, manajer perusahaan menginginkan kinerja yang tinggi agar omzet
penjualan dan laba nya pun ikut meningkat.
·
Dewan
Komisaris
Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen,
memastikan kegiatan sesuai dengan apa yang diinginkan.
·
Pemegang
Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung
jawab tertentu terhadap perusahaan
2.
Fungsi Makro Bisnis
Kontribusi
terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
·
Masyarakat
sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar
sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan
·
Bangsa dan
Negara
Tanggung jawab ini dapat diwujudkan dengan cara
membayar pajak tiap tahunnya
C. Elemen dan Sistem Bisnis
1. Modal (capital)
Sejumlah uang yang digunakan dalam
menjalankan kegiatan bisnis
2.
Bahan-Bahan (Materials)
Merupakan faktor yang dibutuhkan dalam
bisnis untuk menghasilkan
barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
3. Sumber
Daya Manusia (Human Resources Department)
Pekerja yang mempunyai kemampuan kompetitif
dan berkualitas
tinggi
4.
Ketrampilan Manajemen (Management Skill)
Sistem manajemen yang dilaksanakan
berdasarkan prosedur dan
tata kerja manajemen.
D. Teknologi Informasi dan Bisnis
Dalam dunia bisnis, teknologi informasi berperan
dan mempunyai pengaruh yang sangat amat kuat. Karena pada saat ini transaksi
bisnis bisa dicatat secara online, dan pada saat yang hampir bersamaan hasil
yang telah diolah dapat dilihat seperti yang lazim dilakukan nasabah sebuah
bank saat transaksi ATM. Maraknya perdagangan secara elektronik atau yang biasa
orang menyebutnya E-Commerce.
Sistem E-Commerce dapat
dibagi menjadi tiga aplikasi yaitu:
·
Electronics Markets (EMs) adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi untuk melakukan penawaran dalam pasar.
·
Electronics Data Interchange (EDI) merupakan sarana untuk mengefisienkan pertukaran
data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah yang sangat besar
dalam organisasi-organisasi komersial.
·
Internet Commerce adalah penggunaan internet yang berbasis
teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan, kegiatan komersial ini seperti iklan dalam
penjualan produk dan jasa
Teknologi Informasi
ternyata memiliki banyak pengaruh bagi manusia untuk membantu manusia dalam
memecahkan masalah yaitu:
·
Meningkatkan
produktivitas
·
Meningkatkan
efektivitas
·
Meningkatkan
efisiensi
·
Meningkatkan
mutu dan kreativitas
·
Problem solving (pemecahan masalah)
Pemakai teknologi
informasi harus mempunyai tanggung jawab dalam memaksimalkan kinerja teknolog
informasi. Pemakai harus tau cara menggunakannya tanpa harus melanggar hak,
privasi dan keberadaan orang lain, pemakai harus melindungi data dan informasi
jauh dari kehilangan maupun kerusakan.
No comments:
Post a Comment