Penjelasan Game:
Permainan Take The Crown ini mengadaptasi
dari permainan Matches(memindahkan korek api), dengan megubah korek api menjadi
mahkota putri, menambahkan tampilan background, menambah beberapa menu, waktu
dan suara.
Komponen dari permainan ini:
- Gambar latar/Tampilan Jendela Utama
- Gambar Mahkota
- Waktu
- Tampilan menu
Menu terdiri dari 4 bagian:
·
New
Game, terdiri dari Crown1,2&3 yang memiliki bentuk permainan crown yang
berbeda.
·
Help,
berisi informasi mengenai cara permainan ini dimainkan.
·
About
Me, berisi tentang biodata pembuat.
·
Exit,
untuk keluar dari permainan.
- Suara
Terdapat beberapa suara pendukung untuk
menambah agar permainan semakin menarik. Suara tambahan tersebut berada di file
Sound. Terdiri dari suara start, menu, info, klik, klik2, win, lose, dan bye.
- Tampilan Jendela Utama
Crown 1:
Crown 2:
Crown 3:
Tampilan Help:
Tampilan About Us:
Permainan Take The Crown ini memiliki beberapa peraturan, yakni:
- Dapat dimainkan oleh satu orang. Memulai permainannya pemain harus
mengklik menu New Game dan memilih crown yang diinginkan.
- Setelah memilih crown yang diinginkan, pemain akan melakukan
permainan dengan jumlah waktu yang telah ditentukan.
- Untuk mengambil crown, pemain hanya mengklik crown yang diinginkan.
- Pemain dapat mengambil crown
sebanyak yang diinginkan tapi hanya dalam satu tumpukan saja.
- AI menghalangi pemain untuk mencapai goal(tujuan).
Saat permainan berakhir, jika pemain memenangkan permainan
maka akan tampil jendela pesan sebagai berikut.
Namun jika pemain kalah dalam permainan maka akan tampil
jendela pesan sebagai berikut.
Namun, bila anda telah kehabisan waktu
dalam permainan maka akan ada tampilan jendela sebagai berikut.
Software yang dipakai:
Software
yang kami pakai yaitu Strawberry Prolog. Strawberry prolog merupakan sebuah
bahasa pemrograman prolog. Aplikasi ini dikembangkan oleh institut matematika
dan informatika. Strawberry prolog mudah digunakan karena menggunakan bahasa
program yang biasa digunakan.
Cara membuatnya:
Dalam
Strawberry prolog ini saya hanya mengembangkan game yang sudah ada kemudian
ditambahkan beberapa opsi. Seperti suara, background, gambar dan waktu.
Pembuatan
game ini tinggal memasukkan beberapa listing program kedalamnya seperti dibawah
ini:
% Program Utama
?-
G_Take_Last=0,
G_ikon is
bitmap_image("image\\Crown.bmp",_),
%G_Yellow is brush(rgb(255,200,0)),
%G_Red is brush(rgb(255,0,0)),
G_White is
brush(rgb(255,255,255)),
G_bekgrond is
bitmap_image("image\\BG3.bmp",_),
window_n( G_Main,
_, win_func,
"Take The Crown", 80,80,1000,400,_,_,rgb(255,255,255)).
Pertama, kita
deklarasikan dulu G_Take_Last dengan 0, G_Ikon dengan gambar yang berada di
folder yang telah kita buat dan memasukan gambar dengan nama gambarnya, G_White
ketika dia mengambil crown akan tertutup blok putih, G_bekrond merupakan gambar
yang akan menjadi background dan disimpan di folder yang sama dengan G_ikon.
Window_n merupakan pembuatan jendela game ini dengan titik x1 80, x2 1000, y1
80 dan y2 400 dengan warna putih.
% Tampilan menu
list
win_func(init)
:-
beep("Sound\\start.wav"),
menu( pop_up,
_, _, menu_new(_),
"&New Game"),
menu( normal,
_, _, menu_help(_),
"&Help"),
menu( normal,
_, _, menu_about(_),
"&About Me"),
menu( normal,
_, _, menu_exit(_),
"&Exit").
Disini, kami membuat
tampilan menu list dengan menu New Game, Help, About Me dan Exit. Disini kami
juga menambahkan suara Start, jadi ketika kita me-run game ini, akan ada suara
awal. Ketika di menu New Game, maka akan ada menu lagi didalamnya, makanya dia
bertuliskan pop_up, sedangkan Help, About Me dan Exit hanya berbentuk menu
normal.
menu_new(init)
:-
menu( normal,
_, _, menu_crwn1(_),
"&Crown 1"),
menu( normal,
_, _, menu_crwn2(_),
"&Crown 2"),
menu( normal,
_, _, menu_crwn3(_),
"&Crown 3"),
G_timer is
set_timer(_,1,time_func).
Nah ini merupakan menu
di dalam New Game, ada Crown 1, Crown 2 dan Crown 3. G_timer merupakan lama
waktu yang akan digunakan nantinya.
% Waktu
time_func(end):-
(G_waktu==0)
->
kill_timer(_,G_timer),
message("Time's
out","Sorry!!",i),
close_window(_)
else
G_waktu:=G_waktu-1,
font(15,30,"cinnamon
cake"),
text_out(520,50,"Time:
"+print(G_waktu)+" "),
beep.
Didalam waktu, ketika
G_waktu==0 maka waktu akan habis dan akan ada tulisan Time’s Out, lalu dia akan
keluar dari permainan. Dan ketika permainan sedang berlangsung
G_waktu:=G_waktu-1 jadi ketika waktu yang ditentukan di game akan berkurang 1
dst. Font menggunakan Cinnamont Cake dengan ukuran 15, lalu akan ada textnya
keluar di jendela.
% Menu Crown
menu_crwn1(press)
:-
G_waktu:=20,
(G_Comp_First=0->
set(pos([1,2,3,4,3,2,1]))
else
Pos=[1,2,3,4,3,2,1],
N is
2*random(3),
el(Pos,A, N),
A2 is
A - 1,
replace(Pos2, Pos, A2, N),
set(pos(Pos2))),
update_window(_).
Untuk Crown 1 kami memberikan
waktu sekitar 20 detik. Tampilan menu crownnya ditentukan dalam
set(pos([1,2,3,4,3,2,1])).
menu_crwn2(press)
:-
G_waktu:=10,
(G_Comp_First=0->
set(pos([4,3,2,1,2,3,4]))
else
Pos=[4,3,2,1,2,3,4],
N is
2*random(3),
el(Pos,A, N),
A2 is
A - 1,
replace(Pos2, Pos, A2, N),
set(pos(Pos2))),
update_window(_).
Untuk Crown 2 kami
memberikan waktu sekitar 10 detik. Tampilan menu crownnya ditentukan dalam
set(pos([4,3,2,1,2,3,4])).
menu_crwn3(press)
:-
G_waktu:=10,
(G_Comp_First=0->
set(pos([3,4,3,2,3,4,3]))
else
Pos=[3,4,3,2,3,4,3],
N is
2*random(3),
el(Pos,A, N),
A2 is
A - 1,
replace(Pos2, Pos, A2, N),
set(pos(Pos2))),
update_window(_).
Untuk Crown 3 kami
memberikan waktu sekitar 10 detik. Tampilan menu crownnya ditentukan dalam
set(pos([3,4,3,2,3,4,3])).
% Gambar Crown
% Mengambil
Crown
% Mouse Diklik
win_func(mouse_click(X,Y)):-
beep.
Ketika mouse di klik, akan ada suara beep.
% Program Game
% Tampilan
Menang atau Kalah
end(Flag):-
Flag=G_Take_Last->
beep("sounds\\lose.wav"),
message("Sorry","You
lost this game.",i),
kill_timer(_)
else
beep("sounds\\win.wav"),
G_timer:=0,
message("Congratulations","You
are the winner",i).
Ketika ada tampilan
menang maka akan ada tulisan “Congratulation Youre the winner”. Jika kalah maka
akan ada tulisan “Sorry You lost this game”
% Tentang Saya
menu_about(press):-
message("About Me","
Game : Take The Crown
\n Kelas : 3IA13
\n Modified
By : Nurul Arsyil Q (55411388) & Ragil
Wiradiputra (55411757)
\n UNIVERSITAS
GUNADARMA", i).
Ketika menu About Us di
klik maka akan ada tampilan biodata.
% Menu Help
menu_help(press)
:-
message("Help","Click
under the matches which you want to take. You can take how much you want but
only from one column.", i).
Ketika menu Help di klik
maka akan ada tampilan “Click under the matches which you want to take. You can
take how much you want but only from one column”
% Menu Exit
menu_exit(press)
:-
close_window(_).
Ketika menu Exit di klik, maka kita
akan keluar dari jendela game tersebut.
No comments:
Post a Comment