Thursday, October 13, 2011

Kebudayaan

Hei kawan mungkin sudah terlalu lama saya tidak posting, karena jadwal kuliah yg tak sewajarnya membuat saya tak ada waktu hehe. drpd basa basi mending ke main topic nya aja yuk!
hari ini saya bakal bercerita tentang kebudayaan indonesia
Apakah kalian tau beberapa macam kebudayaan indonesia? pasti tau dong, saya saja sampai tak bisa menjelaskan satu2 hehe, saya berikan contoh budaya Indonesia:

A. Rumah Adat
1. Aceh: Rumoh Aceh
2. Sumatra Barat Rumah Gadang
3. Sumatra Selatan Rumah Limas
4. Jawa Joglo

B. Tarian
C. Baju Tradisional

tapi kebudayaan yg paling diketahui bangsa Indonesia itu batik. karena batik mewakili kebudayaan Indonesia, pada awalnya sih kita tak terlalu mau tau menahu soal batik. setelah negara tetangga mengklaim barulah kita berusaha mempertahankannya. bagi saya kebudayaan di Indonesia itu cukup menarik, karena tak ada negara lain yg mempunyai kebudayaan yg sama seperti kita. kita ambil contoh lewat bahasa, di luar negeri mereka cuma hanya mempunyai satu bahasa, coba kalian lihat di Indonesia pasti setiap daerah mempunyai bahasa yg berbeda misalnya di ibukota jakarta mempunyai bahasa betawi, dan jawa barat mempunyai bahasa sunda. jadi janganlah malu terhadap bangsa sendiri, sebenarnya kita negara yg sangat kaya akan kebudayaan dan SDMnya. dan saya sangat senang ketika melihat org dari luar negeri memakai batik, bahkan di negara mereka sendiri ada juga yg datang ke kedubes Indonesia hanya untuk belajar memainkan alat musik tradisional kita kalo tidak salah itu di Australia, saya juga pernah menemukkan seorang WNA fasih menggunakan bahasa jawa, saya pun kaget dan terkesan melihat/mendengar seorang WNA mau mempelajari kebudayaan kita, maka jagalah kebudayaan kita sendiri jangan sampai dicuri bangsa lain!
MAJU TERUS INDONESIA!!!!!!

No comments:

Post a Comment